Resmi Xavi Hernandez Menjadi Kapten Barca

Setelah Barcelona ditinggal pensiun oleh Puyol membuat sosok seorang kapten yang memiliki paket lengkap seperti bek tangguh tersebut sukar untuk didapatkan oleh Barca saat ini, setelah melewati perdebatan yang cukup panjang akhirnya nama Xavi Hernandez keluar sebagai kapten baru bagi El Barca di musim – musim yang akan datang.

Keputusan ini dinilai cukup tepat dan sarat akan kebijaksanaan, hal ini tidak lain karena faktor Xavi sebagai pemain paling senior di Barcelona saat ini, sedari umur yang cukup belia hingga kini usia yang sudah menginjak kepala tiga memabuat Xavi Hernandez sangat hafal luar dan dalam kubu Barcelona. Selain itu dari segi performa memang Xavi adalah pemain yang paling jarang absen di setiap laga yang digelar oleh Barca.

Ada satu hal yang menarik sekaligus berbeda jika kita bandingkan dengan pemilihan kapten yang dilakukan Barcelona, ketika tim lain akan mengandalkan keputusan tim namun kali ini Barcelona mempercayakan seluruh punggawa Barca untuk menentukan siapakah pemain yang paling tepat untuk menggantikan posisi kapten yang semula dipegang oleh Puyol.

Hasil voting yang dilakukan oleh Punggawa El Barca menempatkan Xavi sebagai peraih suara terbanyak dan Iniesta menempati posisi kedua dan akan menjadi wakil dari Xavi sebagai kapten tim. Keputusan sangat tepat memang membiarkan punggawa untuk memilih kapten pilihan hati mereka, selain itu Xavi adalah pemain yang sangat tepat kubu Barca untuk mengemban tanggung jawab sebagai kapten.