Rotasi Pemain sebagai Ganjaran Atas Menumpuknya Pemain Bintang di Madrid

Rotasi Pemain sebagai Ganjaran Atas Menumpuknya Pemain Bintang di Madrid – Sebuah tim sepak bola akan sangat terbantu bila memiliki sejumlah pemain yang dibelaki dengan talenta istimewa, pemain seperti ini seringkali menjadi penentu kemenangan bagi sebuah tim. Berbeda kisah bila sebuah tim memiliki jajaran pemain bintang disetiap lini, baik posisi bertahan, tengah, dan khususnya posisi ujung tombak dari sebuah tim. Real Madrid adalah sebuah tim besar yang memiliki kelengkapan pemain bintang disetiap lininya, baik tim utama maupun pemain cadangan memiliki keistimewaan tersendiri.

Selaku pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti pun merasa bersyukur karena diberikan sebuah kesempatan istimewa yang tidak sembarang orang atau pelatih dapat mengemban tugas berat ini, namun ada satu buah hal yang perlu digaris bawahi ketika sebuah tim memiliki jajaran pemain bintang terlengkap mulai dari lini depan hingga posisi paling belakang.

Melakukan rotasi pemain untuk mengatasi berbagai hal yang tidak diinginkan menjadi hal wajib bagi Madrid, seperti halnya ketika Madrid berhasil menumpas Sevilla di ajang Piala Super Eropa beberapa waktu lalu, formasi 4-3-3 sangat ampuh menjungkalkan Sevilla.

Formasi pemain yang diisi oleh pemain – pemain pilar Madrid seperti Pepe, Ramos, Coentrao, Carvajal, Kroo, Modric, Rodriguez, Ronaldo, Bale dan Benzema, format pemain seperti ini tidak akan dipertahankan oleh Ancelotti selaku pelatih, meski formasi ini adalah susunan terbaik namun ada kalanya tim harus memberi kesempatan kepada pemain lainnya untuk bermain.