Liverpool Terpuruk Bukan Karena Luis Suarez

cnnbola.com – Setelah ditinggal Luis Suarez, ketajaman Liverpool seolah hilang. Namun, Garry Neville menyebut itu bukan alasan utama.

Rentetan hasil buruk menaungi tim asal Merseyside, Liverpool. Tim yang musim lalu berhasil menjadi runner up ini tampaknya sedang mengalami masa pailit. Bobrok di lini belakang dan mandul di lini depan. Banyak pihak yang menyatakan jika kepergian Suaez menjadi faktor utama menurunnya performa The Reds. Namun, hal ini langsung dibantah eks kapten MU, Garry Neville.

Dibandingkan dengan musim lalu, saat ini Liverpool memang menurun sangat tajam. Jika The Reds mampu mencetak 101 gol di musim 2013/14. Di awal musim ini mereka baru mengemas 15 gol dari 12 laga yang telah dimainkan.

Sebanyak 31 gol berhasil dilesatkan oleh Luis Suarez pada musim lalu menjadikan satu alasan mengapa kepergian Suarez begitu berpengaruh terhadap lini depan The Reds. Begitu juga dengan Daniel Sturridge yang musim lalu mengemas 21 gol di Liga yang urung kembali merumput. Dengan kepergian Suarez lini depan Liverpool pun kehilangan tajinya, ditambah cederanya Sturridge.

Namun, hal ini justru dibantah oleh Garry Neuville yang mengatakan jika kepergian Suarez ke Barca bukan menjadi alasan utama mengapa Liverpool mulai menurun. Menurutnya, hal ini bisa terjadi karena mental pemain Liverpoil yang hilang.

“Jika dilihat dari struktur, Liverpool memang tidak memiliki pertahanan bagus. Tapi, yang membuat mereka hebat musim lalu yaitu kecepatan mereka dalam melakukan penyerangan dan reaksi cepat saat kehilangan bola,” ujar Neville yang berprofesi sebagai komentator di Sky Sports.

“Hal itu tidak ada hubungannya dengan kualitas, tidak ada hubungannya juga dengan Luis Suarez atau ketiadaan pemain kelas dunia. Ini soal mental, kebugaran pemain, dan kepercayaan diri,” lanjut eks kapten MU ini.