Peran Luis Enrique, dan Lika-Liku Pergantian Manajer Di Barcelona

Peran Luis Enrique, dan Lika-Liku Pergantian Manajer Di Barcelona – Setelah beberapa kali terpuruk di musim ini, Barcelona akhirnya mengganti manajer mereka lagi. Gerardo Martino yang sekarang telah menjadi eks pelatih Barcelona hengkang dan digantikan oleh Luis Enrique. Ia diyakini sebagai manajer yang tepat karena mempunyai filosofi yang sama dengan tim Barcelona.

Lika-Lliku pergantian manajer di Barcelona memang terbilang sangat cepat. Hal tersebut terjadi ketika Pep hengkang dari Barca, setelah Pep manajer-manajer pengganti tidak akan bertahan lama di Barca. Adapun suksesor Pep Guardiola adalah Tito Villanova yang memang rekan manajernya. Pep dan Villanova disebutkan sering berbincang tentang strategi dan taktik sehingga Villanovalah pada saat itu yang tepat menjadi pengganti Pep.

Namun, kiprah Villanova tak bertahan lama, Ia terpaksa harus memimpin Barcelona dalam keadaan sakit karena tumor yang dijangkitnya. Walaupun telah sukses dalam membawa Barca meraih trofi La Liga pada 2012/2013, Ia tak dapat bertahan lama karena penyakit yang dijangkitnya semakin memburuk. Akhirnya Ia terpaksa mundur dari Barca dan sedihnya Ia harus wafat karena penyakit yang dijangkit semakin memburuk di April 2014.

Setelah Villanova, Gerardo Martino ditunjuk sebagai penerus manajer Barcelona. Ia ditunjuk karena memang dianggap mempunyai filosofi yang sama dengan Barca, yaitu menyerang. Namun, walaupun sempat mempersembahkan trofi Super Spanyol, Ia terpaksa harus hengkang karena performa Barcelona yang kain memburuk pada musim ini.

Sekarang ini, setelah hengkangnya Martino dari posisi manajer, Luis Enrique datang menggantikannya sebagai manajer. Pertanyaannya adalah, akankah Enrique dapat menyamai kiprah Pep Guardiola dalam membimbing Barca?